Lebih Baik Asi Atau Susu Formula

Lebih Baik Asi Atau Susu Formula – “Sejak anak pertama, untungnya suplai ASI saya selalu mencukupi untuk anak saya. Bahkan, mereka bisa minum ASI sepenuhnya sampai usia 1,5 tahun. Setelah itu, ditambah susu formula.- Angrini Pravasti (30).

“Produksi ASI saya susah. Saat lahir sedikit. Keadaan ini semakin membuat saya kesal. Hasil yang dipompa kecil. Akibatnya, anak-anak terpaksa makan susu formula karena tidak ingin dehidrasi. Shi. ​​Tapi saya selalu berusaha memijat payudara untuk merangsang ASI.” – Ayesha Sunny (30).

Lebih Baik Asi Atau Susu Formula

“Saat hamil, produksi ASI saya sekitar 120-150 ml per hari. Namun, saat pulang kerja, produksi ASI turun menjadi 100 ml per payudara. Jumlah ini masih mencukupi. Saat bayi berusia 8 bulan, produksi susunya rendah, sehingga tidak bisa minum susu UHT, makanya kami tambahkan susu untuk memenuhi kebutuhan gizinya Rizki Melissa (28)

Idai Ungkap 5 Hormon Pada Asi Yang Tak Dimiliki Susu Formula

Berdasarkan cerita di atas, terlihat bahwa kecemasan orang tua tidak berhenti saat hamil dan melahirkan. Setelah melahirkan anak, ibu harus menghadapi masa mengasuh anak. Bayi, terutama antara 0 dan 6 bulan, harus mendapatkan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangannya. ASI adalah satu-satunya makanan yang memenuhi semua kebutuhan bayi Anda. Namun bagaimana jika ibu tidak bisa menyusui secara langsung karena memiliki masalah medis?

Susu formula bisa menjadi pilihan terakhir ibu untuk memenuhi kebutuhan gizi bayinya di 6 bulan pertama. Sayangnya, penggunaan susu olahan masih memiliki pro dan kontra. Bahkan, banyak orang yang menganggap bahwa susu formula justru menimbulkan masalah pada pencernaan dan sistem tubuh lainnya. Apakah ini benar? Boca adalah ahlinya; Dokter, kami mewawancarai ahli gizi dan melakukan survei publik tentang fenomena ini untuk mendapatkan kepastian yang jelas dan lebih lengkap. Berikut ulasannya.

Pemberian susu formula dapat terjadi karena berbagai alasan, salah satunya adalah terhentinya aliran ASI. Menurut dr Ariani Devi Widodo, Sp.A, dokter spesialis anak di Rumah Sakit Anak Ibu Menting, ibu mungkin akan kesulitan menyusui setelah melahirkan. Namun, hal ini sangat jarang terjadi pada ibu yang tidak bisa atau tidak benar-benar menyusui. Setiap ibu benar-benar dapat menghasilkan ASI dan hanya memberikannya kepada bayinya.

“Produksi ASI itu bayi, banyak tergantung berapa banyak ASI yang dihasilkan, apakah dengan tangan atau pompa. Jika ASI tidak dikeluarkan, produksi ASI akan berhenti. Banyak Ibu baru tahu bahwa ASI keluar dalam 2-3 hari. setelah melahirkan. Namun, bagi sebagian ibu, ASI mungkin tidak keluar hingga 5 hari setelah melahirkan. Jika hal ini terjadi, ibu sering berefek pada produksi ASI memang,” ujarnya.

See also  Cara Mudah Menang Main Slot

Jual Baby & Me Organic 6 12 Susu Formula Box 360g Dengan Harga Grosir

Dr Ariani lainnya mengatakan, selain stres, ada faktor lain yang bisa mempengaruhi produksi ASI terlambat atau rendah. “Selama persalinan yang sangat menyakitkan, beberapa ibu mengalami anemia selama persalinan, eklamsia, obat pereda nyeri, kerusakan saraf, kelahiran prematur, diabetes ibu, dan pemisahan postpartum.”

Padahal, menurutnya, jam dan hari pertama setelah melahirkan sangat penting untuk menunjang proses menyusui. Inisiasi menyusui dini atau pijat manual penting untuk merangsang produksi ASI dan mencegah pembengkakan.

Untuk itu, Boka melakukan survei acak terhadap 100 ibu menyusui berusia 20 hingga 35 tahun di Indonesia, dan hasilnya menunjukkan lebih dari 81 persen di antaranya mengalami masalah menyusui. Banyak wanita mengalami penurunan produksi ASI akibat puting pecah-pecah.

Salah satu hal yang menghambat produksi ASI adalah pemilihan bra yang salah, kata Tera Novianti, konsultan menyusui di Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI). “Penggunaan bra mempengaruhi aliran ASI. Saat menyusui, pilihlah bra tanpa tali berbahan katun sesuai ukuran payudara. Bra yang nyaman pasti akan membantu proses menyusui.

Mitos Dan Fakta Seputar Asi

Keluarnya ASI pertama pada janin berbeda pada setiap ibu. Dengan IMD dan isapan mulut bayi, ASI keluar dengan cepat. Selain itu, para ibu menerima pijat oksitosin; Pijat payudara dan pemompaan tangan bisa dilakukan.

“Susu tidak langsung keluar setelah lahir. Butuh waktu beberapa hari untuk dirangsang dengan memijat dan membersihkan payudara secara rutin. Salah satu responden, Ajing Nyingram (31), mengatakan, “Sulit memerah ASI karena saya tidak pernah membersihkan payudara. payudara sejak hamil.”

Menurut Teriya, jika ASI tidak diproduksi secara maksimal, diperlukan penelitian yang lebih serius. Ini mungkin karena faktor psikologis ibu, seperti perasaan cemas, dan mungkin fokus untuk mendukung suami dan keluarga. Kondisi ini tidak bisa diabaikan begitu saja, jadi jangan panik dan ibu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis laktasi dan konsultan laktasi.

Lalu bagaimana caranya agar produksi ASI tetap berjalan? Tria menjelaskan; Karena produksi ASI dipengaruhi oleh dua faktor yaitu rangsangan dari mulut bayi dan pengosongan payudara, maka Anda dapat merangsang payudara dengan menyusui bayi secara langsung. Semakin banyak Anda menyusui. Sebanyak susu yang dihasilkannya. Semakin banyak keluar, semakin banyak keluar.

Susu Formula Vs Asi, Inilah Risiko Bila Asi Diberi Tambahan Susu Formu

“Bagi ibu hamil, ada tahapan untuk menyukseskan menyusui. Salah satunya IMD (Inisiasi Menyusu Dini). Penting untuk memulai menyusui. Karena itu, pemilihan rumah sakit untuk melahirkan sangat menentukan keberhasilan pemberian ASI Eksklusif. rumah sakit yang mendukung menyusui,” kata Trea, yang juga bekerja di bidang kesadaran menyusui.

See also  Film Horor Indonesia Full Movie Bioskop

ASI merupakan makanan yang paling penting bagi bayi. Selama 6 bulan pertama kehidupan, hanya ASI yang diberikan, dan bayi hanya diberi ASI, bukan makanan atau susu lainnya. “ASI merupakan penunjang yang paling tepat untuk kebutuhan bayi setidaknya selama enam bulan pertama. Secara medis, ASI merupakan salah satu jenis antiradang yang terbukti dapat mencegah alergi dan obesitas pada anak-anak hingga orang dewasa. Seperti melindungi dari masalah gizi ,” kata dr. Arya

Menyusui adalah yang terbaik untuk enam bulan pertama kehidupan bayi. Namun, bukan berarti ibu yang tidak bisa memberikan ASI eksklusif akan selalu mendapat stigma negatif. Alasannya dr. Ariani Ada situasi tertentu di mana seseorang tidak bisa menyusui secara langsung.

“Ada situasi dimana susu formula dapat dibenarkan secara medis. Namun perlu diingat bahwa ibu pernah mengalami kondisi tertentu. Orang yang tidak boleh menyusui adalah mereka yang sakit parah dengan HIV. Terutama ibu yang memiliki kondisi kulit abnormal di sekitar payudara atau puting susu dan sedang mengonsumsi obat-obatan seperti kemoterapi,” tegasnya. .

Tanda Anak Tak Cocok Susu Formula Dan Cara Mencegahnya

Namun setelah 6 bulan, jika ASI tidak cukup memenuhi kebutuhan gizi bayi, dapat diberikan susu formula sebagai makanan tambahan (ASI dilanjutkan sampai usia 2 tahun). Pada dasarnya dua tahun pertama kehidupan penting bagi anak, sehingga perlu diberikan ASI selama dua tahun. Pemberian ASI eksklusif sangat penting selama enam bulan pertama kehidupan, ketika hanya ASI yang dapat memenuhi kebutuhan energi. Namun pada bulan-bulan berikutnya, kebutuhan tersebut tidak dapat dipenuhi dengan ASI saja, sehingga bayi dapat diberikan susu formula.

“ASI sangat bermanfaat untuk bayi, tetapi ada banyak alasan medis mengapa susu formula dapat digunakan dengan baik bahkan dalam 6 bulan pertama kehidupan. Misalnya sirup maple dapat mencegah infeksi saluran kemih pada bayi dengan galaktosemia; ibu dengan fenilketonuria atau “HIV,” katanya.

Dr. Saptavati Bardusono, M.Sc, Dokter Ahli Gizi dari Rumah Sakit Umum Pusat Nasional. Cipto Mangunkusumo (RSCM) juga menegaskan pemberian susu formula harus ditentukan oleh dokter sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan anak. Oleh karena itu, ibu disarankan untuk tidak memilih sendiri.

See also  Link Alternatif Qq Slot 777

“Kadang-kadang ada anak yang terpaksa minum susu formula. Karena ibu si anak mengalami gangguan kesehatan dan tidak bisa menghasilkan ASI. Pada saat yang sama, anak harus berpuasa, terlepas dari pendonor. Untuk menunggu ASI. Situasi ini sepenuhnya tidak dapat diterima.Selain itu, anak-anak membutuhkan makanan untuk tumbuh dan berkembang.

Kesehatan] Keunggulan Air Susu Ibu (asi)

Ariani, menurut dr. Ada banyak perbedaan antara ASI dan susu formula. “Beberapa perbedaan penting adalah ASI memiliki lebih sedikit protein tetapi mudah dicerna dan diserap. Susu formula memiliki lebih banyak protein, tetapi sulit dicerna dan diserap,” ujarnya.

ASI mengandung kolostrum, ASI pertama yang dihasilkan ibu di masa-masa awal, kaya akan antibodi dan nutrisi yang sangat cocok untuk pencernaan bayi. Susu formula tidak mengandung kolostrum. “Selain itu, hal yang paling unik dari ASI adalah adanya antibodi yang diturunkan dari ibu ke bayi yang tidak terdapat dalam susu formula. ASI juga mengandung oligosakarida (prebiotik) dan probiotik, yang membantu pencernaan, berperan sebagai peran besar dalam kekebalan dan perkembangan anak.”

Selain itu, dibandingkan dengan susu formula, komposisi ASI lebih unggul secara nutrisi, terutama karena proses biologisnya yang semakin kompleks. Ini adalah probiotik di pabrik susu formula. Meskipun ditambahkan probiotik dan AHA/DHA, susu formula tidak bisa menyamai kandungan ASI.

Beberapa susu formula meniru kandungan gizi ASI. Akibatnya biaya produksi susu formula menjadi sangat mahal dan harga susu formula di konsumen sangat tinggi. Namun, dr. Sampai saat ini, kata Saptavati, belum ada susu formula penambah kekebalan tubuh. Bayi usia 0 hingga 12 bulan sangat membutuhkan nutrisi untuk memperkuat sistem imun tubuhnya. Jika tidak, bayi akan terpapar bakteri, virus, jamur, dan mikroorganisme lain yang dapat dengan mudah menginfeksinya.

Merk Susu Formula Yang Bagus Untuk Kecerdasan Anak

Padahal, 80 persen kekebalan anak berasal dari ususnya. Usus bayi mengandung mikroba baik yang dapat melawan bakteri jahat dan mengatur sistem kekebalan tubuh. Saat bayi lahir, mereka sudah memiliki infeksi di tubuhnya. Kemudian anak tersebut mendapat infeksi yang baik.

Susu formula yang mirip asi, susu formula yang menyerupai asi, mengapa asi lebih baik dari susu formula, susu formula pendamping asi terbaik, lebih baik susu formula atau uht, susu formula mendekati asi, susu formula pendamping asi, asi lebih baik dari susu formula karena, lebih bagus asi atau susu formula, susu formula pengganti asi, susu formula rasa asi, susu formula yang mendekati asi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *